Selasa, 11 Desember 2007

Memaksimalkan detik demi detik dalam 24 jam yang penuh kualitas

Memaksimalkan detik demi detik dalam 24 jam yang penuh kualitas

Banyak dari kita menyia-nyiakan waktu yang hanya 24 jam itu. Sebagian dari kita menganggap waktu itu sesuatu yang bernilai relatif dan subjektif . Bagi seorang pengangguran mungkin waktu 24 jam terasa sangat panjang bila tidak diisi oleh suatu kesibukan, berbeda halnya dengan orang-orang yang memiliki mobilitas dan aktivitas tinggi , waktu yang 24 jam itu terasa amatlah singkat. Padahal pekerjaan yang mesti kita kerjakan belum semua dapat terselesaikan. Tanpa kita sadari ada beberapa menit dalam setiap hari yang berlalu begitu saja. Seorang peneliti masalah stress tubuh , Melissa C Stoppler MD dari Universitas North Corolina AS, menyampaikan 10 tips sederhana dalam memanfaatkan waktu yang ada agar waktu yang Anda jalani efektif dan efisien .

1.Jangan buang waktu.

Ada kasus dimana Anda ditempatkan dalam posisi "menunggu". Menunggu bagi banyak orang bisa jadi sesuatu yang amat sangat membosankan. Dalam keadaan seperti ini bukan berarti Anda harus kehilangan kreatifitas Anda dan membiarkan waktu berlalu bagai angin , tanpa menghasilkan sesuatu hal positif bagi diri Anda. Contoh : Bila Anda seorang penulis , mungkin Anda bisa menulis ide-ide di notes Anda. Anda yang berprofesi sebagai Event Organizer mungkin Anda dapat menganalisis jadwal-jadwal Anda dsb.

2. Tentukan Priorotas.

Pilihlah kegiatan yang lebih diutamakan atau dalam skala prioritas. Hal ini diperlukan agar tugas yang sedang diemban, tidak melenceng dan berjalan berlarut-larut. Buatlah daftar List/item, yang berisi angkah-langkah apa sajakah yang harus Anda tempuh ,agar waktu yang dihabiskan berjalan secara efektif dan efisien.

3.Pertimbangkan waktu dari sisi manfaat.

Hal ini dilakukan bukan berarti memandang /mengartikan waktu adalah segalanya atau waktu adalah uang. Tetapi memandang dan menghargai waktu dengan pikiran bijak , melihat waktu dari sisi manfaat. Anda bisa bertanya pada diri Anda ; apakah aktifitas yang Anda lakukan saat ini bermanfaat bagi sekeliling Anda dan diri Anda?. Bila Anda dapat menjawabnya, berarti Anda telah menjalani point ini dengan baik

4. Hindari kendala-kendala yang menghadang/menggangu aktifitas.

Bila Anda bekerja pada lingkungan yang memerlukan tingkat konsentrasi tinggi, ada baiknya bila Anda menon-aktifkan alat-alat komunikasi dan menggantinya dengan mesin penjawab/voicemail.Carilah susasana yang menurut Anda nyaman didalam melaksanakan aktifitas-aktifitsa tersebut.

5. Mengatur jadwal kedepan.

Hal ini dilakukan agar berbagai aktifitas Anda tidak saling bertabrakan. Gunakanlah agenda atau PDA .Instrumen ini amat membantu Anda didalam memanage/ mengatur jadwal aktifitas harian Anda yang sibuk.

6.Optimalkan gerak tubuh.

Andalah yang lebih mengenal dan memahami kondisi tubuh Anda, apakah dalam keadaan sehat atau tidak. Banyaklah mengkonsumsi vitamin,hentikan kebiasaan merokok. Optimalkan gerak tubuh Anda didalam menjalani suatu aktifitas agar dapat berjalan dengan lancar dan sukses.Dalam arti : kerjaan kelar , badan juga tetap bugar.

7. Gunakan Internet atau teknologi modern lainnya untuk mengakses segala informasi yang diperlukan.Di era yang serba cepat ini, pengusaan teknologi adalah mutlak. Persempit ruang gerak Anda agar tidak menyita banyak waktu . Sangat disayangkan bila kita tidak dapat memanfaatkan teknologi ini untuk memudahkan aktifitas-aktifitas kita.

8. Tempatkan materi pendukung aktifitas pada kotak khusus.

Bila aktifitas Anda berhubungan dengan banyak file dan dokumen, maka Anda harus mempunyai tempat khusus/laci untuk menyimpan data-data tersebut.Berikan kode-kode unik dari file-file tersebut, susunlah secara alphabetic , bila dokumen-dokumen tersebut memiliki kerahasiaan tempatkanlah pada ruangan/tempat penyimpanan yang khusus.

9. Bekerjalah secara Teamwork.

Suatu pekerjaan akan lebih ringan bila dikerjakan bersama-sama.. Strategi dalam membina suatu kelompok agar terciprta kekuatan yang solid , kuncinya adalah kepercayaan. Saling membangun dan membina hubungan yang baik antar personel agar kekompakkan tetap terjaga.

10.Pegang teguh komitmen yg sudah direncanakan

hal ini diperlukan agar rencana-rencana yg sudah dibuat dapat direalisasikan dan bukan sekedar angan-angan belaka.



dari beberapa sumber

Tidak ada komentar:

SELAMAT DATANG DI AZIMUTYO BLOG
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini