Selasa, 08 April 2008

Bangkit dari Kegagalan

" Bangkit dari Kegagalan !"


1. Kegagalan itu untuk diterima dan diakui

Tidak perlu mencari kambing hitam untuk disalahkan sebagai penyebab kegagalan. Masa lalu, situasi , lingkungan atau orang tua bukanlah faktor2 penyebab dominan dari kegagalan (kecil kemungkinan terjadi) . Kita sendirilah yg bertanggung jawab atas setiap kegagalan yang terjadi . Menyalahkan situasi atau orang lain hanyalah usaha untuk melarikan diri dari kenyataan. Langkah yang paling bijak adalah menerimanya sebagai kenyataan dan kita harus mengakui kegagalan2 tersebut. Hanya dengan mengakui dan menerimanya, beban akibat kegagalan akan terasa lebih ringan dan kita akan segera siap untuk meninggalkan kegagalan.

2. Kegagalan itu manusiawi dan alami

Berapa kali seekor macan gagal memangsa rusa yang sudah lama diincarnya?, Berapa kali seekor kucing gagal menerkam tikus ? , berapa kali manusia mengalami kegagalan sebelum meraih apa yg diinginkannya ? beribu2 contoh disekitar kita yg menunjukkkan kegagalan itu sesuatu yg manusiawi ,hal yg biasa , tidak ada yg aneh, tidak ada yg memalukan dan tidak ada yg menakutkan.

3. Kegagalan itu tidak ada hubungannya dengan harga diri

Kalau Anda bereaksi negatif terhadap kegagalan , kegagalan itu akan terasa menyakitkan. Ada orang yg menjadi malu, kecewa, sedih dan frustasi ketika mengalami kegagalan. Padahal kegagalan dan harga diri adalah dua hal yg terpisah. Anda tetap seorang pribadi yg punya harga diri , meskipun hidup Anda selalu diwarnai kegagalan. Tidak ada yg menilai Anda rendah karena gagal. Anda sendirilah yg mengatakan pada diri sendiri. Orang2 besar yg namanya mengukir sejarah , seorang atlit, artis , birokrat mungkin tidak akan menjadi besar dan terkenal bila mereka selalu menghubungkan kegagalan mereka dengan harga dirinya.

4. Kegagalan itu bukan alasan untuk berhenti

Ketika mengalami kegagalan bersikaplah persis seperti yang Anda lakukan ketika masih bayi. Berapa hari Anda menangisi kejatuhan Anda ketika sedang belajar berjalan ? tidak ! Yang dulu Anda lakukan adalah bangun dan mencoba berjalan lagi hingga akhirnya Anda tidak hanya bisa berjalan , tapi juga berlari2 ! , Berapa jam Anda menghukum diri sendir ketika tidak berhasil mengucapkan satu atau dua patah kata yg akan anda sanpaikan? meskipun ngawur dan tak jelas lafalnya, Anda terus mencoba sampai akhirnya Anda menguasai beribu-ribu kata Jadi tidak ada pilihan yg lebih baik kecuali melanjutkan usaha , perjuangan atau apapun yg ingin Anda raih, saya sendiri saja (web master) pernah "ngejob" diatas bus kota!

5. Kegagalan adalah sukses yang tertunda

Sejarah telah mengukir kisah kesuksesan orang2 besar didalam meraih cita2/harapannya. Thomas Alfa Edisson mengalami banyak kegagalan sebelum menemukan bola listrik. Walt Disney pernah dipecat oleh seorang direktur surat kabar dan beberapa kali bangkrut sebelum pada akhirnya dia berhasil membangun disney. Namun harus dingat kesuksesan janganlah diraih dengan cara " memakan" orang lain ! ataupun ber-KKN ria itu namanya serakah, kamu harus bagi2 rezeki kepada makhluk2 ciptaan Tuhan lainnya,jangan lagi kita pernah merasa kenyang apabila melihat tetangga kita menangis karena lapar ! . Itu hanya sekelumit dari beribu2 contoh yang menunjukkan bahwa kegagalan adalah sukses yg tertunda!

6. Kegagalan adalah pelajaran yg amat berharga

onon keledai yg terkenal dungu itu tidak pernah jatuh untuk kedua kali kedalam lubang yg sama. Apalagi manusia yg dikaruniai kemapuan untuk belajar . Kita bisa menrik pelajaran dari setiap kegagalan yg kita alami. Petinju yg kalah KO bisa belajar lebih banyak mengenai kekuatan dan kekuatan lawanya. Seoranmg Gadis yg ditinggal pergi kekasihnya bisa belajar agar kelak kekasih barunya tidak akan mencampakannya lagi. Setiap kali mengalami kegagalan , pastikan Anda mendapatkan pelajaran beharga dan pastikan usaha berikutnya lebih bermutu. Next time better.......

Tidak ada komentar:

SELAMAT DATANG DI AZIMUTYO BLOG
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini