Sabtu, 15 Agustus 2009

Remaja China Bercita-Cita Tiru Optimus Prime

Pengaruh televisi memang dapat berbahaya bagi anak-anak dan tulisan "Bimbingan Orangtua" yang umumnya terdapat di pojok kiri atas dalam setiap tayangan televisi memang seharusnya tak diremehkan begitu saja. Pasalnya karena pengaruh tontonan televisi, seorang remaja berusia 14 tahun melakukan perbuatan nekat yang akhirnya merugikan diri sendiri dan membawa kesedihan besar bagi keluarganya.

Seorang remaja berusia 14 tahun menenggak bahan bakar selama 5 tahun untuk mendapat "energi" seperti idolanya, "Bumble Bee" atau "Optimus Prime", lakon dalam film "Transformers," demikian keterangan yang dilansir oleh West China Metropolis Daily yang berbasis di Sichuan (1/8).

Insiden ini terjadi setelah remaja yang berdomisili di kota Yibin, Propinsi Barat Daya Sichuan, menonton serial animasi televisi. Ia mulai menenggak bensin untuk menjadi "pasukan gagah berani" seperti "Optimus Prime," demikian keterangan ayah bocah malang itu kepada harian setempat.

"Ketika kami mendapati bau tubuhnya seperti bau bahan bakar, ternyata ia mengaku telah meminum bensin selama 5 tahun ini," tambah ayah sang remaja.

Usut punya usut, ternyata usaha sang ibu yang 'memfasilitasi' ketagihan remaja tersebut. Ibunya memiliki sebuah toko kelontong yang menjual aneka kebutuhan seperti korek api.

Pada tahun 2004, kerap kali sang ibu merasa kehilangan korek api dagangannya yang baru ia stok dua atau tiga hari sebelumnya. Ia kemudian mendapati putranya yang mencuri barang-barang dagangannya tersebut.

Tak mau membiasakan perilaku buruk tersebut, kedua orangtua itu menasehati putra mereka untuk tidak mengulangi perbuatan tercela itu. "Memang benar setelah itu ia tak lagi mencuri korek api, namun setelah itu kami selalu merasa kehilangan bensin dan suatu hari kami mendapati putra kami telah menenggak setengah botol bensin yang dicuri dari motor kami. Saat itu kami benar-benar sangat shock sehingga tak mampu berkata apapun," ujar sang ayah.

Agar peristiwa mengejutkan itu tak terulang, kedua orangtua itu sepakat untuk menyingkirkan motor tersebut dari jangkauan anak mereka, namun nampaknya langkah ini tak membuat remaja tersebut jera. Malah ia melakukan aksi lebih nekat lagi dengan mencuri bensin dari tetangga dan meminum lebih dan lebih banyak lagi bensin daripada sebelumnya. Tiap kali minum, ia dapat menghabiskan dua hingga tiga botol bensin.

"Sejak putra saya mulai minum bahan bakar, IQ-nya menurun secara drastis dan kini ia bahkan tak dapat menjawab soal penjumlahan dan pengurangan yang sederhana," keluh pria paruh baya tersebut.

"Sebelumnya ia bocah yang sangat pintar. Ia bahkan dapat memperbaiki televisi sendiri. Kini untuk menjawab soal matematika 7 tambah 17 pun tak bisa."

Kedua orangtua yang panik itu membawa putra mereka ke rumah sakit dimana mereka diberitahu bahwa putra mereka mengalami kelainan mental dan ketergantungan bahan bakar yang tinggi.

"Bensin mengandung banyak timah yang dapat merusak otak manusia. Parahnya lagi, remaja itu masih dalam tahap pertumbuhan atau puber dan timah itu menimbulkan dampak serius pada tubuhnya," jelas Peng Houquan, dokter dari rumah sakit di Yibin.

"Transformers" adalah film Box Office Hollywood yang kini sedang diputar dan juga sedang booming di China.

Sekuel "Transformers: Revenge of the Fallen" berhasil meraup hingga 400 juta yuan (setara dengan Rp 579 milyar) di China, mengalahkan rekor film "Titanic" yang diputar 10 tahun silam.

sumber : www.astaga.com

Tidak ada komentar:

SELAMAT DATANG DI AZIMUTYO BLOG
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini