Rabu, 14 Juli 2010

Surga Dunia Bagi Narapidana

Sudah jelas, berdasarkan potongan berita majalah Time edisi Mei, bahwa napi dan penjahat asal Norwegia lebih berbahaya daripada pesakitan asal Amerika.

Ketika penjara Halden baru dibuka di Norwegia, King Harald V sempat menjadi sorotan dalam acara gemerlap untuk merayakan penjara yang disebut-sebut "paling manusiawi".


Bagaimana tidak, rutan itu memang berbeda dari rutan lainnya dan memiliki fasilitas yang menjanjikan kenyamanan.

Diantara berbagai fasilitas yang disediakan adalah sebuah studio suara, areal jogging, sebuah pondokan bagi pengunjung napi, dan dapur laboratorium beraroma lezat di mana para pembunuh dan bandit dapat belajar memasak.

Bukan hanya itu saja, penjara ini tak ubahnya surga dunia bagi para pesakitan. Pasalnya di rutan itu semua pengawal yang sebagian besar diantaranya adalah wanita tak bersenjata.

Mereka tak risih berbaur dengan para pemerkosa, pengedar narkoba dan para penjahat lainnya. Bahkan makan malam dan melakukan olahraga indoor bersama pun tak segan dilakoni oleh para penjaga tersebut.

Sejauh ini para residivis dari tahanan Norwegia umumnya hanya 20 persen (dibandingkan Amerika Serikat yang mencapai 50-60 persen), namun masih terlalu dini untuk memprediksi apakah tahanan Halden akan menemukan kenyamanan dibalik jeruji besi sehingga mereka tak keberatan untuk mengulangi lagi tindakan kriminal agar dapat kembali mendekam dalam "surga narapidana" tersebut. (Yahoo News dan astaga!com)

Tidak ada komentar:

SELAMAT DATANG DI AZIMUTYO BLOG
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini