Jumat, 04 September 2009

Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Mudik tinggal hitungan hari. Bahkan mungkin akhir pekan ini ada sebagian dari Anda yang sudah 'boyongan' bersama
keluarga untuk menghindari kemacetan parah selama di perjalanan. Jika Anda pulang kampung menggunakan kendaraan pribadi, lakukan persiapan jauh-jauh hari agar perjalanan nyaman. Tidak enak kan, sudah macet, eh mobil juga tak mau kompromi? Berikut beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum mudik: Peta perjalanan Jangan abaikan peta. Meski kelihatannya sepele, tetapi kalau dalam perjalanan terjadi kemacetan luar biasa dan terpaksa harus mencari jalan alternatif, maka paling tidak akan membantu kita untuk tidak nyasar terlalu jauh dari arah tujuan. Hemat waktu, tenaga dan biaya.
Biaya
Selain memperhitungkan biaya, kebutuhan uang tunai selama di perjalanan juga cukup penting untuk diantisipasi. Tidak
semua di daerah yang kita lalui ada ATM sehingga dana tunai sebaiknya disediakan secukupnya sebelum keberangkatan.
Namun tidak usah berlebihan juga demi keamanan.
Suku cadang
Jangan lupa menyiapkan suku cadang tambahan, misalnya minimal 1 liter oli mesin, 1 liter coolant radiator, isolasi untuk membungkus sambungan kabel dan isolasi putih (yang untuk sambungan pipa ledeng), sarung tangan, saringan bensin, sekaleng WD-40 (untuk melancarkan kalau membuka baut).Untuk menghemat ruangan kabin, beberapa item di atas (kecuali WD40, tisu) bisa disimpan di ruang mesin sebelah samping, asal dibungkus dan diikat dengan benar.
Alat bantu
Kunci ring/pas dan tools lainnya standard kelengkapan mobil, dongkrak yang berfungsi dengan baik berikut engkol, tyre pressure gauge dan electric air pump atau yang manual, senter kecil dengan cadangan baterai, ban cadangan layak pakai.
Yang patut dicatat, persiapan sebelum keberangkatan terhadap mobil Anda mutlak dilakukan, antara lain:
  • Paling lambat seminggu sebelum hari keberangkatan, telah melakukan servis besar (ganti oli mesin + filter, oli transmisi, oli gardan, busi, saringan udara, cek aki, cek rem dan minyak rem dll). Jika servis besar dilakukan di bengkel resmi/nonresmi, pastikan kalau jadwal servis sudah dikonfirmasikan dan servis besar dilakukan paling lambat 1 minggu sebelum hari keberangkatan.
  • Seimbangkan ulang ban (balancing juga spooring), yang akan menghemat ban dan bahan bakar serta menambah faktor keamanan dalam berkendaraan.
  • Pastikan seluruh lampu-lampu menyala sempurna termasuk saklar-saklarnya berfungsi dengan baik. Jika AC sudah terasa kurang dingin, sebaiknya sekalian servis AC.
  • Periksa karet wiper, kalau sudah "mati" atau retak-retak sebaiknya diganti (bisa pakai yang refill)
  • Pastikan semprotan air wiper pas ke tengah kaca masing-masing dan tambahkan sedikit "shampo non-fat" di air wiper untuk mempermudah melarutkan "lemak" serangga yang terhempas di kaca depan (wind shield).
  • Setel ulang pintu-pintu yang mulai brisik/bergetar. Ganti karet-karet yang sudah "mati" apabila diperlukan. Perjalanan panjang akan "memperparah" getaran di pintu-pintu dan juga membuat berkendaraan tidak nyaman.
  • Siapkan tali-tali yang fleksibel untuk "mengikat" barang-barang di bagasi apabila diperlukan.
Untuk antisipasi persiapan di atas, sangat dianjurkan untuk tidak melakukan servis besar sehari sebelum keberangkatan, karena ada saja hal-hal yang tidak sempurna pengerjaannya atau perlu untuk di cek ulang. Selamat mudik, semoga lancar dan selamat sampai tujuan...

Tidak ada komentar:

SELAMAT DATANG DI AZIMUTYO BLOG
Lilypie Kids Birthday tickers