Senin, 23 April 2012

Keluarga Imran atau Ali Imran Sosok Panutan Dalam Berkeluarga

Nama keluarga Imran diabadikan sebagai nama surat dalam Al-Qur’an. Imran adalah orang yang saleh, taat pada perintah Allah SWT serta sabar dalam mendidik puterinya. Puteri beliau yang juga menjadi nama sebuah surat Al-Qur’an adalah Maryam. Imran sukses mendidik Maryam menjadi wanita shalihah yang dapat menjaga kesuciannya serta taat kepada Allah SWT dan berbakti kepada orang tuanya.

Betapa banyak para orang tua di zaman kini yang gagal menjaga anak wanitanya. Pendidikan yang salah serta gaya hidup bebas mengakibatkan anak-anak gadis mereka layu sebelum berkembang.

Keluarga Imran telah memberikan tauladan kepada kita dalam mendidik puterinya dalam mencintai Allah SWT. Maryam menjadi sosok yang digambarkan dalam Al-Qur’an sebagai wanita yang taat kepada perintah Allah SWT. Akan tetapi, meskipun Maryam dikenal sebagai wanita suci, cercaan dan tuduhan busuk mengenai beliau hingga kini masih kita lihat, terutama saat melahirkan Nabi Isa as. Beliau melahirkan tanpa suami, tentu saja dengan izin, kekuasaan dan kehendak Allah SWT. Akan tetapi segala tuduhan keji itu telah dipatahkan oleh puteranya sendiri. Saat Nabi Isa masih seorang bayi kecil, Isa as dengan izin Allah SWT dapat berkata-kata menjelaskan kepada seluruh manusia bahwa dirinya adalah utusan Allah SWT, seorang Nabi Allah bukan Tuhan.

Jika awal surat Al-Baqarah dimulai dengan penyebutan tiga tipe manusia, yakni Muttaqin, Kafirin dan Munafiqin, maka surat Ali Imran seakan menegaskan kepada kita bahwa golongan yang dipilih dalam hidup ini adalah golongan Muttaqin, yang salah satu episode panutannya adalah keluarga Imran atau Ali Imran. Itulah sebabnya, surat itu dinamakan Surat Ali Imran.

Sumber : Bulletin Jum'at KIPRAH Edisi III/IV/2012

Tidak ada komentar:

SELAMAT DATANG DI AZIMUTYO BLOG
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini