Kamis, 06 Februari 2014

Bijak Saat Bergadang

Pekerjaan yang menumpuk, waktu yang terbatas membuat kita kerap memberi waktu ekstra untuk menyelesaikannya, dan bergadang menjadi pilihan yang paling umum. Namun kadang pula kita kerap terlena mengurangi waktu istirahat malam dengan hal-hal yang tidak terlalu penting.
Sesekali waktu mungkin hal ini tidak menjadi masalah, namun jika bergadang menjadi sebuah kebiasaan ada beberapa dampak pula yang dapat mengganggu kesehatan kita dan kualitas kehidupan kita.
Kebiasaan tidur larut membuat seseorang layaknya penderita insomnia. Beberapa orang malah baru bisa terlelap ketika fajar mulai menyongsong. Ini tentu menjadi kebiasaan yang tidak sehat, terlebih sebagai seorang muslim yang memiliki kewajiban shalat yang ditentukan waktunya.
Pola tidur yang berantakan membuat vitalitas kita menurun keesokan harinya, ini juga mengganggu amanah-amanah harian yang harus kita ampu. Istirahat yang tidak berkualitas pada malam hari membuat tekanan darah menurun. Ditambah pula dengan kebiasaan lupa makan yang dapat menyebabkan pengikisan lambung dan gas lambung meningkat yang bisa berakibat maag kronis.
Pola bergadang yang lebih berbahaya adalah jika kita menghabiskan malam hari di luar rumah. Pada malam hari tumbuh-tumbuhan mengeluarkan karbondioksida, ini dapat berefek buruk pada paru-paru kita. Dokter Eriyani dalam lansiran Radar Kampus (25/09/2013) mengatakan bahwa efek bergadang di luar rumah pada malam hari dapat menyebabkan bronkitis dan penyakit lain.
Ini sebabnya pola bergadang pun harus dilakukan dengan lebih bijak. Mengukur daya tahan tubuh dan juga prioritas-prioritas amanah harian yang harus kita laksanakan keesokan harinya. Tidur cepat selepas Isya dan bangun lewat dini hari dinyatakan malah lebih efektif sebagai istirahat dan lebih sehat.

source : Muslimah Zone

Tidak ada komentar:

SELAMAT DATANG DI AZIMUTYO BLOG
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini